Selasa, 18 Juni 2013


SKALA LIKERT

Kegiatan penelitian pada dasarnya adalah melakukan pengukuran, maka harus ada alat ukur yang baik untuk mengukur variabel penelitian. Alat ukur penelitian tersebut dinamakan instrumen penelitian. Dalam beberapa penelitian,  instrumen yang digunakan berupa skala. Dengan skala dijadikan alat ukur dapat dengan mudah mengungkap indikator yang akan diukur dengan stimulus berupa pernyataan tanpa disadari oleh responden yang bersangkutan karena jawaban yang diberikan responden bersifat refleksi (Azwar, 2003)
Adapun  kelebihan dan keuntungan dalam penggunaannya, sebagai berikut:
1. Skala likert dapat dibuat dan diinterpretasikan dengan mudah.
2. Skala likert merupakan bentuk pengukuran yang sangat lazim
dipakai.
3. Pengukuran summated rating adalah pengukuran ordinal.
4. Skala likert sama dengan bentuk pengukuran sikap lainnya seperti
skala Thurstone dan skala Guttman . (Hadi, 1992)
 Skala likert menggunakan skor 1 sampai dengan 5, namun akan lebih baik jika menggunakan skor 1 sampai 4, jadi skor 3 dihilangkan.

   Penghilangan jawaban di tengah berdasarkan tiga alasan, yaitu:
1. Kategori ragu-ragu memiliki arti ganda, bisa diartikan netral, setuju tidak, tidak setuju tidak.
2. Tersedianya jawaban yang ditengah menimbulkan kecenderungan menjawab ke -tengah (central tendency effect), terutama bagi mereka yang ragu-ragu atas arah kecenderungan jawabannya.
3. Maksud kategori jawaban SS-S-TS-STS adalah terutama untuk melihat kecenderungan pendapat responden kearah setuju atau kearah tidak setuju.

 Pilihan jawaban terdiri dari 4 kategori yaitu sangat sesuai (SS), sesuai (S), tidak sesuai (TS), sangat tidak sesuai (STS).
Tabel 1: Skor Skala Likert
JAWABAN
SKOR FAVOURABLE
SKOR UNFAVOURABLE
Sangat Sesuai (SS)
4
1
Sesuai (S)
3
2
Tidak Sesuai (TS)
2
3
Sangat Tidak Sesuai (STS)
1
4
Pernyataan favourable merupakan pernyataan yang berisi hal-hal yang positif atau mendukung terhadap obyek sikap. Pernyataan unfavourable merupakan pernyataan yang berisi hal-hal yang negatif yakni tidak mendukung atau kontra terhadap obyek sikap yang hendak di ungkap.
Ciri khas dari skala likert adalah bahwa makin tinggi skor yang diperoleh oleh seorang responden, merupakan indikasi bahwa responden tersebut sikapnya makin positif terhadap obyek yang ingin diteliti oleh peneliti.

4 komentar:

  1. Terima kasih atas penjelasannya.. sangat membantu.. :)

    BalasHapus
  2. keren penjelasan nigh ,, orangx jga cantik ,, thanks ya

    BalasHapus
  3. mau tnya, ada referensi buku yg memperbolehkan skala likert dgan 4 skor saja dan meghilangkan ragu2 atau netral? thanks

    BalasHapus